27 Februari 2011

Tips Memilih dan Membeli Printer

Berikut ini adalah tips-tips dalam membeli printer. Semoga tips2 ini membantu anda untuk membeli printer dan tidak mengecewakan anda :

1. Prioritas Pertama adalah tingkat resolusi dari printer yang hendak kita beli. Semakin besar tingkat resolusi maka semakin bagus hasil cetakan yang akan dihasilkan.

Resolusi Printer

Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.

2.Tentukan tujuan selanjutnya, dalam hal ini akan dilakukan refill atau tidak. Jika tujuannya untuk direfill maka ada baiknya anda memilih printer yang harga head/cartridgenya murah, hal ini dikarenakan resiko dari refill/infus. Sehingga jika terpaksanya head/cartridge nya bermasalah anda tidak begitu kaget dengan harga head/cartrigdenya.

3.Jika anda mempunyai koneksi internet anda bisa mencari reviewnya terlebih dahulu. Sehingga anda bisa melakukan penilaian terhadap sebuah produk baik itu kelebihannya maupun kekurangannya. Beberapa toko komputer mungkin menyediakan brosur dan mungkin juga dengan sukarela menjelaskan fitur-fitur dari printer yang akan kita beli tetapi beberapa toko komputer mungkin tidak seperti itu. Alangkah baiknya anda meluangkan sedikit waktu untuk mencari informasi melalui internet.

4.Tidak usah tertarik dengan bermacam-macam fitur yang ditawarkan selama itu tidak menjadi tujuan utama kita. Karena semakin lengkap fiturnya tentu harganya juga semakin mahal. Hal ini dikarenakan kita belum tentu membutuhkan fitur tersebut.

5.Manfaatkan pameran untuk mencari informasi mengenai produk yang akan kita beli. Karena biasanya penjaga stand akan lebih leluasa dalam menjelaskan. Disamping itu disana juga disediakan brosur yang dapat kita ambil dan kita pelajari.

6. Ukuran tetesan tinta. Nah ini dia kebalikan dari item point pertama, yakni semakin kecil ukuran tetesan tinta maka akan semakin baik hasil cetakan.

7. Teknologi percetakan. Setiap printer memiliki tipe sendiri-sendiri dan harusnya anda sebagai pembeli jangan malu untuk bertanya tentang tipe printer beserta teknologi di dalamnya.

Jenis Printer

Printer Dot-Matrix

Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal ‘bandel’ (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet

InkJet Printer

Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.

Laser Printer

Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit.

8.Kualitas tinta. Jelas walau printernya bagus, jika tinta juga kurang baik, maka hasil cetakan ga akan optimal.

TINTA

Tinta adalah bagian paling utama dan penting dalam sebuah modifikasi printer. Tabung dari alat modifikasi rata-rata berisi +/- 100cc per warna. Kita membutuhkan tinta yang berkualitas untuk menjaga agar head printer tetap normal, hasil cetak bagus dan tahan lama, komposisi warna sesuai. Jangan terkecoh dengan test print dengan cara mencelupkan hasil printing ke dalam air, karena semua tinta yang bertipe DYE pasti akan luntur bila terkena air, kecuali kita mencetak pada kertas yang ada waterproofnya, jadi di sini yang berperan adalah kualitas kertas bukan tintanya. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.

9.Perlu di ingat, barang elektronik seperti printer bukanlan barang yang tahan lama dan hampir setiap tahun berganti model dan dengan sendirinya spare part pun akan discontinued. Jadi saat anda bertanya pada diri sendiri, tanyakan kebutuhan jangka pendek saja. Ini untuk kebutuhan personal. Jika kebutuhan anda hanya untuk cetak dokumen black and white maka anda beli printer yang memenuhi kebutuhan itu saja. Begitu juga jika anda ingin cetak foto maka sesuaikan juga jenis printernya. Hal ini juga termasuk jika akan memilih printer yang single print atau dengan multifungsi.

10.Layanan purna jual. Jangan lupa untuk selalu mencari produk-produk yang memiliki layanan purna jual di kota anda sehingga anda tidak perlu khawatir jika terjadi apa-apa pada printer anda.

11.Perhitungkan juga isi budget anda dalam membeli printer. Jangan sampai malu di toko karena budgetnya ga mencukupi harga printer.

12.Selalu ingat minta garansi resmi produk dari toko anda membeli printer


Perbandingan

Canon

Kelebihan (+)

+ Kecepatan printer OK dibanding Epson & HP

+ Paling awet bagus kalo pemakaian hitam lebih dominan dibanding warna

+ Hasil warna Bagus dan cepat so pasti

+ Print Teks Draft jelas

+ Harga murah

+ Cocok buat perkantoran

Kekurangan (-)

- Roller cepat patah (narik banyak/paper jam) Khusus IP 12k,16k,17k,1880,MPseries/AIO

- Untuk gambar Human agak merah (kurang natural)

- Catridge warna cepat rusak (khusus type IP1200 s/d 1880 & MP/C series (catridge yg warnanya gabung dlm 1 catridge) kalo sering print warna

- Kalo print kadang suka ada banjir di sisi kertas meski catridge baru/belum refill

-Ga cocok buat percetakan kecuali yg list yg direcomended dibawah


Epson

Kelebihan (+)

+ Hasil warna Paling bagus dibanding Canon/HP

+ Murah kalau sudah pake infus karena ga ganti2 catridge

+ Tingkat ketahanan mesin bagus

+ Cocok untuk pemakaian warna/gambar

+ cocok buat percetakan /foto digital

Kekurangan (-)

- Print teks/hitam kurang bagus karna base hitam dan biru (kalo canon,hp murni hitam) jadi hitamnya agak kecoklatan

- kalo banyak pake kertas foto(apalagi yg double glossy/double side) bakal cepet rollernya

- hasil bergaris kalau sering gonta-ganti merk refill tinta (head cepat kena)

- Agak lambat dibanding Canon,HP

- Print Daft gak bagus karna jadi kabur (blur)

- Musti pasang pembuangan luar, karna lebih banyak makan tinta waktu cleaning


HP

Kelebihan (+)

+ Paling cocok untuk kantor kalau pemakaian kertas biasa aja

+ Catridge agak awet dibanding canon

+ Paling murah dibanding Canon&Epson

+ Hasil teks paling bagus dibanding Canon,Epson

+ Print warna lebih bagus dibanding canon

Kekurangan (-)

- kurang bagus pake kertas foto karna system narik kertasnya gulung dari bawah keatas

- kalo pake infus tidak dianjurkan sering berpindah tempat

- hasil print warna mayoritas bermasalah setiap habis refill/infus

- sering banjir catridgenya kalo dah direfill

- mainboard printer cepet mati karna berada tepat dibawah parking Catridge (kepicratan tinta)

- Software sering bermasalah (paperjam/Offline/norespond)

- kalo naro kertas kurang pas suka narik banyak dan ngelipet


Recomended Printer

- CanonIP1000, i255, i350, IP2000, IP3000, IP4000, IP4200, IP5300, MP110 , mp520, mp545, mp628, mp638, mp988 (tapi mahal bgt)

- Epson C63, C65, C67, C87, all R series (tp lama kelamaan susah naik kertas)

Kalau buat yang pribadi (personal), paling bandel, dan perawatan nya cukup murah - Canon IX 4000, IX5000

1 komentar:

Silahkan anda komentar di bawah ini. Saya harap tidak memberikan komentar spam. Jika ada komentar spam dengan sangat terpaksa akan saya hapus.

Buat teman-teman yang ingin tukaran link dengan blog ini saya persilahkan post di kolom komentar ajah

Terimakasih atas perhatiannya.

Hosting Gratis
Powered By Blogger