01 Februari 2011

Kota Bangun, Kutai Kartanegara


Kota Bangun merupakan sebuah kecamatan yang terletak di wilayah pedalaman Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Kecamatan Kota Bangun terletak antara 116º27' BT – 116º46' BT dan 0º07' LS – 0º36' LS dengan luas wilayah mencapai 1.143,74 km2. Batas utara : Kec. Muara Kaman dan Kenohan, Batas Timur : Kec. Muara Kaman dan Sebulu, Batas Selatan : Kec. loa Kulu dan Kenohan, Batas Barat : Kec. Muara Wis. Secara administratif, kecamatan ini terbagi dalam 20 Desa.
1.Kota Bangun III
2.Kota Bangun II
3.Kota Bangun I
4.Wonosari
5.Kedang Ipil
6.Benua Baru
7.Sedulang
8.Sukabumi
9.Sarinadi
10.Sumber Sari
11.Kota Bangun Ulu
12.Loleng
13.Liang
14.Kota Bangun Ilir
15.Pela
16.Muhuran
17.Kedang Murung
18.Kota Bangun Seberang
19.Liang Ulu
20.Sebelimbingan

Dengan dikelilingi oleh Sungai Mahakam, Sungai Kedang Murung, Sungai Belayan dan Sungai Pela . Kota Bangun, dikenal sebagai kecamatan penghasil ikan segar berupa ikan Gabus, Baong dan Betutu serta tempat pembuatan Kapal Kayu, sarana transportasi sungai. Saat ini Kota Bangun merupakan tempat transit bagi mereka yang akan kepedalaman Mahakam melalui Sungai Mahakam maupun melalui Danau Semayang dan Danau Melintang. Kedua danau ini merupakan habitat ikan Pesut, yaitu lumba-lumba air tawar yang saat ini menjadi penghuni Taman Impian Jaya Ancol Jakarta. Dari danau dapat Anda nikmati matahari terbit maupun terbenam di tengah Pulau Kalimantan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda komentar di bawah ini. Saya harap tidak memberikan komentar spam. Jika ada komentar spam dengan sangat terpaksa akan saya hapus.

Buat teman-teman yang ingin tukaran link dengan blog ini saya persilahkan post di kolom komentar ajah

Terimakasih atas perhatiannya.

Hosting Gratis
Powered By Blogger