09 Maret 2011

Kreativitas Adalah Potensi Manusia

Setiap manusia dilahirkan dengan potensi kreativitas dan daya cipta. Kemampuan ini yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya.Pada Zaman primitive manusia telah memanfaatkan potensi alam yang ada di sekitarnyauntuk memenuhi kebutuhan. Manusia menyadari bahwa sumber daya memiliki keterbatasan, sementara kebutuhan terus meningkat. Kesadaran ini mendorong manusia berpikir memanfaatkan keterbatasan tersebut untuk memenuhi kebutuhan yang beragam.


Sebagai manusia, kamu juga pasti memiliki potensi kreativitas dan daya cipta. Kadar kemampuan dalam diri seseorang memang berbeda, ada yang tinggi dan ada rendah.. tidak semua potensi manusia dapat terwakili dengan nilai rapor atau ijazah. Tidak berarti kamu tidak boleh pintar, tetapi kamu perlu menyadari bahwa nilai yang bagus bukanlah satu satunya jaminan untuk meraih keberhasilan. Sering orang yang dari segi akademis kurang menonjol, tetapi sukses menjadi pengusaha.


Pernahkah kamu mengambil sebuah benda, misalnya sebuah sedotan dan bertanya pada diri sendiri, “ Benda ini untuk apa?” jika kamu menjawabnya untuk menyedot minuman, kamu masih berpikir dengan cara biasa. Akan tetapi, jika kamu memandangnya tidak hanya sebagai sedotan, tetapi sebuah plastic warna warni berarti kamu sedang menggunakan daya kreativitasmu. Kamu akan melihat bahwa sedotan itu bisa dimanfaatkan untuk kreativitasmu. Kamu akan melihat bahwa sedotan itu bisa dimanfaatkan untuk membuat bunga plastic atau tirai jendela. Sesuatu yang sudah dianggap lazim tidak akan membatasi sebuah kreativitas sebab selalu ada alternative untuk segala sesuatu.


Apa yang dimaksud kreativitas? Kamus Besar Bahasa Indonesia menguraikan bahwa kreativitas adalah kemampuan mencipta atau daya cipta. Para ahli mendefinisikan pengertian kreativitas. Eorge p. Boulden dalam bukunya “ Mengembangkan Kreativitas Anda “ Menyebutkan bahwa kreativitas adalah proses menantang ide ide dan cara cara melakukan hal hal yang sudah diterima untuk menemukan sousi atau konsep baru. Tony Buzan dalm bukunya “ Sepuluh Cara Menjadi Orang Jenius Kreatif” menyebutkan bahwa kreativitas adalah kemampuan untuk memunculkan ide ide baru, menyelesaikan masalah dengan cara yang khas, meningkatkan imajinasi, perilaku dan produktivas. Dalam pengertian sederhana, kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan atau karya nyata yang relative berbeda dari yang sudah ada.

Dapat disimpulkan bahwa kreativitas terdiri atas dua unsure pokok. Unsur yang pertama yaitu kemampuan menhasilkan gagasan untuk memecahkan masalah secara lancer dan cepat. Unsur kedua adalah keluwesan yang mengacu pada kemampuan menemukan gagasan yang berbeda untuk memecahkan masalah.

Mengapa kita perlu berkreasi? Manusia perlu berkreasi karena adanya kebutuhan dasar yang harus dipenuhi selain kebutuhan keamanan, cinta, pengakuan, dan penghargaan dari orang lain. Motivasi untuk berkreasi karena mereka bisa melihat manfaat dari hasil kreativitasnya.

Kreativitas memberikan banyak manfaat bagi individu maupun masyarakat luas. Berbagai manfaat dari kreativitas sebagi berikut :


• Membuat Hidup Lebih indah

Kreativitas akan membuat hidup menjadi lebih indah karena kamu akan dikelilingi oleh hal hal yang bervariasi dan tidak monoton. Menjalankan kegiatan yang penuh dengan rutinitas akan membuat kamu cepat merasa bosan, tidak bersemangat, dan pasif. Melakukan hal hal kreatif yang bervariasi akan memberikan sesuatu yang baru dan segar. Selain bersekolah, sebagai remaja kamu juga perlu mencoba hal hal yang positif.

Bayangkan jika kamu bisa menhias kamar kamu sendiri dengan poster, foto, tirai atau pigura foto dengan kreativitas yang dibuat sendiri. Kamu bisa menuangkan ide ide kamu sehinga kamarmu menjadi lebih indahdan sesuai denga selera kamu. Kreativitas bisa membuat hidup menjadi lebih indah karena dengan karya karyamu, kamu memiliki sesuatu yang dibanggakan.


• Meningkatkan Apresiasi terhadap ide orang lain.

Kreativitas akan meningkatkan pengertian dan apresiasi akan berbagai gagasan orang lain. Orang yang kreatif pasti bisa menerima dan menghargai ide ide orang lain, tanpa memandang siapa pun yang memberikan ide tersebut. Berbeda dengan orang yang tidak menghargai ide, setiap ad aide baru ia akan mencibir atau menganggapnya konyol. Padahal dari ide ide yang terlihat sederhana , konyol atau tidak masuk akal tersebut sering muncul hal hal yang luar biasa.


• Meningkatkan Motivasi dan Semangat hidup.

Kreativitas akan meningkatkan semangat atau motivasi hidup. Orang yang kreatif tidak akan takut kehilangan peluang sebab ia bisa menciptakan peluang sendiri. Orang yang kreatif tidak takut menhadapi masalah karena ia mampu menyelesaikan masalah denga daya kreatifnya. Mereka yang memiliki jiwa kreatif tidak akan mudah putus asa untuk mencoba dan mencoba lagi meskipun mereka menemui kegagalan.


• Salah satu factor kesuksesan usaha.

Semakin hari kreativitas dalam dunia usahaakan semakin diperlukan. Dalam dunia bisnis kreativitas menjadi salah satu factor kesuksesan usaha. Semua kegiatan usaha memerlukan kreativitas, mulai penciptaan barang atau jasa, cara produksinya, cara pemasaran, cara pembayaran, dan menjaga kesetian pembeli untuk terus menggunakan produknya. Dengan semakin meningkatnya persaingan usaha, kreativitas mutlak diperlukan oleh seorang wirausaha untuk memenangkan persaingan.


• Awal Terjadinya Inovasi dan Perubahan

Kreativitas menjadi langkah awal terjadinya Inovasi ( Penemuan ) dan perubahan perubahan. Inovasi adalah hasil pendayagunaan kreativitas tertentu sehingga menjadi sebuah cara, proses, produk, atau sumber nilai baru, yang berbeda dari sebelumnya.


• Meningkatkan Kualitas dan taraf hidup Manusia.

Kreativitas berperan besar dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup manusia. Salah satu ciri karya yang kreatif adalah yang memberikan manfaat social sebab jika tidak memberikan manfaat, tidak ada artinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda komentar di bawah ini. Saya harap tidak memberikan komentar spam. Jika ada komentar spam dengan sangat terpaksa akan saya hapus.

Buat teman-teman yang ingin tukaran link dengan blog ini saya persilahkan post di kolom komentar ajah

Terimakasih atas perhatiannya.

Hosting Gratis
Powered By Blogger